5 Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Salah Pilih


5 Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Salah Pilih

Memiliki kendaraan pribadi tampaknya berubah menjadi kebutuhan primer belakangan apalagi jika Anda hidup di ibu kota. Tak hanya mempermudah mobilitas Anda, memiliki kendaraan pribadi juga dapat menghemat biaya transport yang Anda keluarkan untuk transportasi online. Ditambah lagi hiruk pikuk kemacetan di ibu kota yang sangat melelahkan serta buruknya fasilitas transportasi umum tentu lebih mendorong masyarakat untuk lebih memilih membeli kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Membeli kendaraan sendiri bukanlah hal yang main-main. Anda tidak boleh sembarangan dalam mengeluarkan uang, terutama jika Anda membeli kendaraan seperti mobil. Ragam jenis dan harga pun banyak ditawarkan oleh berbagai merek mobil. Anda sendiri dapat memilih kendaraan tersebut berdasarkan kemampuan dan juga kebutuhan. Tapi sebelum Anda salah dalam membeli kendaraan, mari kita ulas berbagai tips untuk membeli mobil baru.

Hindari Cicilan Terlalu Lama

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil adalah kondisi keuangan Anda sendiri. Dengan itu, Anda dapat menentukan metode pembayaran apa yang dapat Anda lakukan, apakah tunai atau cicilan. Tapi perlu Anda perhatikan, lamanya cicilan juga akan menentukan jalannya keuangan Anda di masa depan.

Lamanya cicilan saat ini sangat beragam, Anda bisa mengambil cicilan mulai dari satu tahun hingga lima tahun. Semakin lama cicilan Anda, maka semakin kecil nominalnya. Namun hal ini sangat tidak direkomendasikan, karena semakin tinggi pula bunga yang Anda bayarkan.

Seperti kebanyakan cicilan, seluruh bunga akan dibayarkan di muka dan Anda akan membayar harga pokok pada cicilan Anda. Sayangnya tidak semua orang menyadari hal ini dan memilih untuk mencicil dalam waktu yang cukup panjang.

Utamakan Kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam membeli mobil sangatlah penting untuk mempertimbangkan kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli hal diluar kebutuhan Anda dan justru menyebabkan masalah keuangan kedepannya.

Maka dari itu, cari tahu dulu tujuan dari membeli mobil, apakah untuk Anda jadikan aset, bisnis, atau hanya untuk mobilitas saja? Setelah mendapatkan tujuan dan kebutuhan Anda dalam membeli mobil, cari tahu jenis mobil apa yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Ingat, cukup lebih baik daripada berlebihan.

Cari Waktu yang Tepat Membeli Mobil

Perlu Anda ketahui bahwa ada waktu terbaik untuk membeli mobil. Kapankah itu? Menurut survei dari berbagai sumber, waktu terbaik membeli mobil ialah akhir tahun dan saat pameran mobil.

Mengapa? Untuk membeli mobil pada waktu-waktu tersebut, biasanya pihak penjual memberikan beragam promo dan potongan harga menarik.

Lakukan Banyak Perbandingan

Tentunya Anda tahu bahwa mobil bukanlah kendaraan yang murah, jadi perlu banyak pertimbangaan saat akan membelinya. Sebelum memutuskan untuk membeli, luangkan waktu Anda untuk melakukan perbandingan antara mobil satu dengan lainnya, bahkan lakukan test drive jika diperlukan.

Jika Anda sudah tahu mobil apa yang Anda inginkan, hubungilah beberapa delaler dan lakukan perbandingan harga. Carilah dealer yang memberikan penawaran terbaik dan jangan lupa untuk melakukan negosiasi.

Pertimbangkan Desain dan Ukuran

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan desain dan ukuran mobil yang akan Anda beli. Apabila Anda ingin membeli mobil yang bisa digunakan untuk keluarga, maka ukuran mobil yang perlu Anda ambil harus lebih besar dengan kemampuan yang lebih berat.

Biasanya kendaraan yang lebih besar akan cenderung sedikit mengalami kerusakan dan kecelakaan dibandingkan mobil kecil. Sedangkan jika kebutuhan Anda hanyalah mobilitas untuk diri sendiri, maka Anda bisa mempertimbangkan city car dengan ukuran yang lebih kecil.

Toyota merupakan pilihan yang tepat jika anda membutuhkan kendaraan fleksibel yang cocok digunakan bersama keluarga maupun untuk pribadi, mobil Toyota menawarkan desain yang menarik serta inovatif. Selama bertahun-tahun, Toyota selalu mengedepankan standar kualitas dan keandalan mobilnya baik dari segi interior maupun eksterior. Jika anda ingin membeli salah satu unit mobil Toyota terbaik, silahkan tentukan sendiri mobil yang anda inginkan disini

Selain mempertimbangkan ukuran, carilah mobil yang memiliki desain “crashworthy”, mobil-mobil ini memiliki pengaman yang kuat, bagian kendaraan yang melindungi penumpangnya. Pastikan ujung depan dan belakang merupakan “zona himpitan” yang dapat menyerap dampak benturan.

Itulah beberapa tips untuk membeli mobil baru agar tidak salah pilih. Jangan lupa untuk memeriksa kembali polis asuransi mobil yang Anda ambil nantinya. Ini akan membantu anda apabila terjadi sesuatu pada mobil Anda.